[BUDAYA] DARI TEKNOLOGI UNTUK BANGSA


Bicara masalah teknologi, pasti tidak akan ada matinya. Teknologi akan terus berkembang. Baik di bidang industi, perekonomian, kesehatan dan pendidikan saja. Masih banyak aspek - aspek kehidupan lain yang masih mengalami perkembangan yang menyangkut adanya perkembangan teknologi. 
Dari semua itu dapat dilihat, tuntutan akan teknologi  begitu tinggi.  Saat ini semua aspek kehidupan manusia sangat membutuhkan adanya informasi yang cepat. Teknologi informasi itulah yang akan mempermudah pekerjaan manusia agar lebih efektif dan efisien. Selain itu, manusia dalam kehidupannya juga membutuhkan adanya efektivitas dan produktivitas kerja yang baik.Untuk memenuhi kebutuhan tersebut banyak cara yang dapat ditempuh, sebagai contoh adalah  manfaatkan segala informasi baik dari internet, media cetak, maupun media elektronik lain sebagai referensi.


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ssat ini memang pesat adanya. Semua perkembangan itu sayangnya tidak diimbangi dengan perkembangan kemampuan masyarakat bangsa ini. Pada umumnya masyarakat hanya bersifat sebagai konsumen saja. Dengan adanya daya pikat dari masyarakat yang tinggi, harusnya juga timbul kesadaran untuk ikut berperan mengembangkan dan bahkan dapat pula menciptakan alat-alat baru yang dapat membantu kegiatan dan pekerjaan manusia. Jika hal tersebut tidak segera dilakukan yang ada hanyalah penjajahan alat teknologi di negara ini. 
Bagaimana itu bisa terjadi??? 
Dapat diketahui semua hal yang berbasis teknologi informasi pastinya akan berhubungan langsung dengan  laju pertumbuhan internet. Seiring dengan maraknya penggunaan internet yang dibutuhkan pengguna, banyak aplikasi-aplikasi baru bermunculan terutama dalam bidang pendidikan dan bisnis.Citra pendidikan memiliki kaitan yang sangat erat antara masyarakat dan perkembangan teknologi.
Sebab pendidikan merupakan  cara paling kuat untuk mengubah struktur budaya masyarakat. Asalkan pendidikan yang ada juga sesuai dengan kontur- kontur yang ada. Kebutuhan untuk menggunakan media massa seperti TV, film, internet, dan surat kabar / majalah saat ini sudah tidak diragukan lagi.  Berbagai jenis tayangan TV yang salah akan mempercepat terjadinya proses inflitrasi budaya satu ke budaya lainnya secara intensif dan dapat menyebabkan terjadinya penghapusan budaya secara perlahan-lahan.
Semua hal itu sangat mungkin terjadi di negara ini. Dalam perkembangannya , saat ini teknologi informasi yang gencar berkembang pesat adalah di bidang teknologi khususnya media sosial dan semua yang nerhubungan dengan IT. Sayangnya, survei di lapangan membuktikan bahwa  masyarakat umum masih belum tahu dan paham akan perkembangan di era saat ini. Sungguh memprihatinkan bukan??
Oleh karenanya kita sebagai generasi muda harus bisa memulai sejak dini untuk mengenalkan adanya perkembangan yang terus bergejolak di era seperti ini. Dengan memulai mengenalkan mana yang sesuai dan mana yang masih kurang sesuai saja , kita sudah membantu agar masyarakat mau untuk bangkit dan tidak hanya menjadi konsumen saja.
Salah satu kebutuhan manusia adalah pendidikan. Tanpa adanya pendidikan, manusia akan sulit berkembang. Dengan demikian pendidikan harus diarahkan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas. Hubungan antara teknologi informasi dan pendidikan masyarakat sangat erat. Tanpa teknologi informasi masyarakat tak akan bisa hidup dengan nyaman. Dan pendidikan pun tidak akan berjalan dengan lancar karena kini hampir semua hal membutuhkan teknologi. Hanya saja tergantung dari diri kita dalam menyikapinya, bagaimana untuk dapat mengontrol diri sendiri untuk mempergunakan teknologi yang ada dengan positif . Agar pendidikan di negeri ini pun terjaga dengan baik.
Sampai sejauh ini sudah banyak remaja- remaja Indonesia khususnya yang telah menyumbangkan ide - ide kreatif dalam menciptakan berbagai macam alat cukup canggih di bidangnya. Diantaranya, film animasi pendek dengan judul "Pada Suatu Ketika", Mobil ESEMKA, Alat Pembasmi Kanker Otak dari MITI, PC Tablet Wakamini, KRI Krait 827, Robot Tempur TNI , Senjata Pindad Indonesia, selain itu semua  masih banyak yang lainnya. Dan yang satu ini juga jangan dilupakan Pesawat Gatotkaca N-250.
Masih ingatkah kamu dengan pesawat ciptaan Indonesia pertama?? 
Pesawat itu adalah pesawat  "Gatotkaca N-250" sengaja dibuat untuk negeri ini oleh BJ Habibie. Pesawat ini dirintis oleh beliau dengan bantuan dari pihak Indonesia yaitu PT. IPTN (yang sekarang PT. Dirgantara Indonesia). Kabarnya  produksi pesawat ini akan kembali dirilis atas izin dari presiden SBY, yang sebelmnya pernah terhambat produksinya disebabkan adanya krisis keuangan di Asia sekitar tahun 1998. Pesawat dengan jenis regional komuter turboprop mampu mengangkut 50-70 penumpang. Pesawat Gatotkaca N-250 secara resmi dipamerkan di Cengkareng tahun1996 oleh presiden Indonesia saat itu, Soeharto. Masih ingat kan dengan film Habibie & Ainun??? nah mungkin seperti itulah kisah pembuatan dan proses adanya pesawat ini. 


  Gak kalah menarik juga nih ada putra - putri bangsa Indonesia yang dengan ide kreatifnya mampu membuat film animasi yang mengisahkan tentang berbagai macam sarana transportasi khas Indonesia seperti bajaj, kopaja, ojek. Uniknya dalam film yang mengadopsi dari film “Transformers”  ini juga mengisahkan alat transportasi yang mampu berubah menjadi robot karena kedatangan alien dengan space ship-nya. Dalam film animasi pendek ini pembuat film mengambil setting suasana keramaian pasar, pangkalan bajaj, kopaja dan ojek yang biciri khas  “sangat Indonesia”. Film ini berjudul "Pada Suatu Ketika" dan telah di up-load di youtube. Film ini juga mampu menarik penikmat film animasi seperti halnya  dengan  produksi luar. Seperti halnya film animasi garapan Dreamworks Animation.

Ini nih yang baru dari Indonesia. Putra - putri Indonesia pun mampu merancang dan menciptakan sebuah mobil. Udah sering denger kan kabar ini??  Ya, tepatnya adalah Mobil ESEMKA, yang telah dirilis oleh siswa SMK 1 Singosari Malang. Mobil Esemka memiliki 5 jenis varian yaitu pick up double cabin, pick up single cabin , sedan, van , dan SUV. Tau gak siihh ?? Mobil ini diproduksi oleh sisiwa - siswa yang usianya berkisar atara 16 - 17 tahun. wahh bener - bener membawa kemajuan bagi bangsa ini. 
Dalam proses pembuatan, mobil ini memerlukan biaya yang cukup efisien. Dengan biaya 175 juta siswa - sisiwa SMK ini mampu menggunakannya untuk menciptakan 5 buah mobil sekaligus. Acungan jempol buat mereka. Untuk masala penjualannya mobil ini dibandrol harga sekitar 80 juta rupiah.

Support by :
IT Contest - ITS Expo
DMCA.com Protection Status